Kamis, 14 Maret 2013

Tekukur Wetar yang Jinak

Burung tekukur, senang mencari makan di bawah tanah
Hampir semua orang mengenal burung merpati. Burung ini sering dipakai sebagai simbol perdamaian. Salah satu burung merpati yang hidup berkeliaran bebas di alam adalah burung merpati, atau Streptopelia chinensis. Ciri-cirinya, berekor panjang dan memiliki bintik-bintik hitam di sekitar lehernya. Bulu-bulunya mirip dengan perkutut, sehingga kadang orang salah dan menyebut burung tekukur sebagai perkutut.

Di Wetar, burung-burung ini hidup dengan bebas, liar tapi terlihat jinak. Mungkin karena manusia tidak mengusiknya sehingga mereka dengan leluasa mencari makanan di tanah, dekat rumah. Beberapa orang senang memelihara burung ini karena keindahan bulu-bulunya dan juga suaranya.

Burung ini suka sekali makan biji-bijian seperti padi atau beras, jagung dan juga biji rumputan sehingga sering mencari makan di tanah. Burung ini juga rajin makan padi, sehingga kadang menjadi hama bagi petani saat padi mulai menguning.

2 komentar:

  1. mudah2an terus bisa lestari tanpa di usik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkasih, untuk komen dan mampir di blog saya Mr Cumi...! Saya sudah kunjungi blognya dan bagus sekali....hehehehe, semoga kita bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Sukses selalu ya...!

      Hapus